Tromol merupakan
poros gesekan roda dimana terdapat 2 komponen penggerak dan pengereman .
Penulis akan mengupas tuntas tentang rangkaian yang terdapat dalam tromol
meliputi rerawatan. Pemeriksaan dan perbaikan step by step akan dijelaskan
secara mudah dalam postingan kali ini. Silahkan mempelajari oprekan dibawah
ini.
Membuka komponen
tromol
- Buka mur penahan rem tromol
- Buka mur tangkai pedal rem dan lepaskan
- Kendorkan mur kancing tromol atau setelan rantai sisi kanan dan kiri
- Buka mur as roda sepeda motor, keluarkan as dari tromol, dan lepaskan roda
- Pisahkan komponen rem dan komponen gear dari tromol
Pemeriksaan
terhadap komponen tromol
Pengecekan
komponen rem
- Periksa ketebalan kampas rem, bila sudah tipis, ganti dengan kampas rem baru
- Periksa spiral penataan kampas, mungkin karatan dan berkurang daya pegasnya
Pengecekan
komponen gear set
- Periksa kondisi gear dan rantai, lihat gigi gearnya, mungkin sudah keadaan runcing, oval dan gupil gearnya
- Periksa karet tromol gear, ganti jika karetnya memadat dan daya redam berkurang. Hal ini dapat menyebabkan adanya hentakan sepeda motor saat berjalan
Pengecekan
komponen bearing roda
- Periksa bearing roda, mungkin sudah aus, kocak dan berkarat. Usahakan jika mengganti harus keduanya sekalian karena komponen ini berpengaruh terhadap kestabilan sepeda motor
- Periksa bearing gear, mungkin sudah aus, kocak dan berkarat, ganti bila perlu.
- Periksa rumah bearing, pastikan kondisi tidak aus diameternya (longgar).
- Periksa as roda, terutama pada ulirnya mungkin sudah aus.
Perawatan
komponen tromol
- Bersihkan bagian dalam drum tromol di sisi rem untuk mengembalikan daya kepakemannya dan disisi gear tempat karet tromolnya
- Lumasi dengan vet tiap tiap bearing untuk mencegah kontaminasi langsung dengan air hujan
- Setelah terpasang nanti lumasi rantai dengan oli atau vet
Pemasangan
komponen tromol
- Pasang rantai pada gear roda teerlebih dahulu
- Masukkan as roda dengan berurutan seperti gambar dibawah ini
- Kunci as roda dengan mur, jangan dikeraskan dulu
- Keraskan baut penahan rem
- Kunci tangkai pedal rem, jangan dioleskan dulu
- Atur kekencangan rantai di mur kancing tromol dengan melihat tanda di air
- Keraskan baut as roda, kemudian kencangkan sedikit mur kancing tromol agar tidak bergeser oleh getaran jalan terakhir
- Setting jarak bebas rem, jangan sampai kampas rem bergeseran dengan tromol, karena bisa menimbulkan panas tinggi. Demikian penjelasan memperbaiki komponen tromol belakang sepeda motor, selamat mencoba praktek, terima kasih
ada gak yah trik supaya gear belakangnnya gak runcing lagi
ReplyDeletenumpang yah http://wakilibc.blogspot.com
wah ,,, besi yg buat narik rem belakang w patah .. kalo beli yg baru harganya brpa ya ?
ReplyDeletebos kan ngeluarin biaya mahal kalo ganti pelek tromol , apa bisa ya drum besi yang nempel didinding tromol di tambahkan biar tebal lagi soalnya kampas rem yang baru gak ada yang dijepit lagi
ReplyDelete