shockbreaker sepeda
berperan meredam getaran yang terjadi dari kondisi jalan yang labil. keausan
dan kebocoran akan terjadi dalam jangka pemakaian tertentu. kebocoran
mengakibatkan merembesnya oli shock yang nantinya berimbas pada pantulan redam
menjadi rendah dan shockpun menjadi keras. jika hal ini tidak segera ditangani,
hentakan yang terus menerus dapat mengakibatkan bengkoknya pipa shock dan akan
memberi beban yang besar terhadap bearing T kemudi. kita akan ngebahas
bagaimana cara memperbaiki shock depan, untuk lebih jelasnya lihat dulu skema
dasar dari shockbreaker.
kinerja shockbreaker
ini simple, gaya yang diterima dari tabung shockbreaker akan diredam
hentakannya oleh oli shock dengan aliran kecil menuju pegas spiral sebagai daya
pantulnya
silakan lihat
langkahnya sebagai berikut.
pelepasan komponen
shockbreaker
- lepaskan roda depan sepeda motor
- lepaskan komponen casing dan slebor depan
- tarik shockbecker kebawah dan buka baut tutp bagian atas pipa shockbreaker
- buka baut tap oli dibagian bawah tabung shockbeaker, motor bebek cenderung menggunakan kunci L
- untuk melepaskan dari bodi, buka mur cekam T kemudi.
selanjutnya kita lakukan langkah langkah
pemeriksaan komponen suspensi.
- bersihkan spiral shockbreaker, cek mungkin sudah aus atau daya redam yang berkurang
- bersihkan tabung shockbreaker, cuci dengan bensin untuk mengeluarkan endapan kotoran didalamnya
- cek seal tabung shockbreaker, ganti dengan yang baru. dikomponen ini yang terjadi kebocoran
- cek pipa crom shock, mungkin ada cacat gores atau crom mengelupas terutama pada bagian yang menempel pada seal tabung shockbreaker. cek juga kelurusan pipanya mungkin sudah bengkok
jika komponen
suspensi telah selesai diperiksa, lakukan pemasangan kembali. setelah semuanya
terpasang pada bodi sepeda, tuangkan oli
shockbreaker dengan hati hati. gunakan takaran sedikit demi sedikit dan
coba pantulan sampai mempunyai daya redam yang maksimal.
No comments:
Post a Comment