Friday, December 7, 2012

penyebab keluar asap putih diknalpot motor 4 tak


asap putih yang keluar saat motor 4 tak melaju kencang adalah masalah kompresi pembakaran yang bocor, lalu oli mesin yang tadinya berfungsi untuk pendingin akan masuk pada ruang bakar dan ikut dalam proses pembakaran. asap putih inilah tanda pelumas yang terbakar. untuk lebih jelasnya, penulis akan uraikan bagaimana hal ini dapat terjadi.
ring piston sangat berperan dalam masalah ini, apa ring piston itu? dalam ruang bakar terdapat komponen komponen seperti klep, ring piston, piston dan boring. lihat gambar dibawah ini, disinilah pembaca akan mengerti dasar bentuk dari ruang bakar pada mesin sepeda motor 4 tak.




fungsi ring piston pada pembakaran ini yaitu untuk memberikan lapisan tipis pelumas pada dinding ruang bakar, sehingga akan mengkondisikan mesin tidak overheat / panas yang berlebihan. jika terjadi keausan dalam sistem ini, maka dalam proses pelapisan dinding ruang bakar akan tidak optimal. alhasil ring piston tidak akan melapisi malah mengalami kebocoran pelumas kedalam ruang bakar, asap putih akan keluar diknalpot dan ini sangat berpengaruh terhadap performa mesin, pada tenaga yang dihasilkan dan kendaraan menjadi boros.
tingkat perawatan yang kurang akan terjadi kerusakan dibagian ini, jika tidak segera dilakukan perbaikan akan memicu kerusakan pada komponen lainnya. gantilah oli mesin secara berkala dengan spesifikasi SAE yang sesuai. kenali gejalanya sejak dini, pembaca dapat mendeteksi bilamana pada saat awal menstater motor dan memanasi mesin, akan mengeluarkan bau menyengat dari pelumas terbakar. melihat gejala ini pastinya ring piston diganti dan perlu dicek juga untuk kelayakan boringnya apakah ada cacat gores didindingnya.
semoga bermanfaat untuk pembaca !!!!



3 comments: