Friday, December 7, 2012

motor kencang dengan settingan standar



Motor kencang dapat dipengaruhi oleh modifikasi mesin, setting mesin drag/race, dan setting mesin standar.   namun jika dilihat dari segi keawetan pasti setting standar yang cocok, terlebih jika motor dipake untuk harian. karena telah mengacu pada standar pabrikan. silakan anda pelajari trik trik tune up berikut ini
  •   karburator
  1. bersihkan karborator, lepaskan semua komponen dan cuci dengan bensin, semprot manipol dengan kompresor ato pompa sepeda kayu dan sikat kerak hitam pada dinding aliran udara dan bensin
  2. bersihkan filter udara, cuci spoon filter dengan oli lalu peras.
  • setting katup / klep
  1. buka penutup katup masuk, katup buang dan tutup karet disamping kiri mesin, posisikan katup dalam keadaan bebas dengan cara mengerakkan memutar dengan kunci bagian kiri mesin sampai lurus dengan tanda dan gerakkan katup sampai keduanya dapat bergerak bebas. hati hati dalam melakukan hal ini, karena akan berdampak pada tertabraknya katup dengan piston jika pada waktu setting  tidak dalam keadaan bebas betul, tanyakan pada orang yang berpengalaman.
  2. aturlah jarak kerengangan klep dengan lempengan filler, sesuaikan kerengangan yang ditetapkan pabrikan, ingat!! setiap kendaraan memiliki kerengangan yang berbeda beda.
  3. ciri kerengangan yang optimal yaitu bila pada saat mensetting klep, gerakan lempengan filler  dapat ditarik dan tidak dorong masuk, gerakan inilah yang bisa dikatakan optimal menurut bengkel bengkel resmi.
  • busi
  1. bersihkan busi, cek kerengannganya, pembakarang yang sempurna dapat dilihat jika   ujung percik busi berwarna merah bata, 
  2. ganti jika sudah saatnya.
  • pelumasan
  1. lumasi rantai dan cek kekecangannya
  2. ganti oli mesin dengan standar sae yang ditentukan.

ok silakan utak atik motornya, yang jelas motor kenceng dan awet pastinya!!!!!!!!!




No comments:

Post a Comment