Friday, December 7, 2012

faktor kestabilan laju sepeda motor

 
kestabilan kendaraan merupakan faktor yang terpenting dalam mempengaruhi keselamatan, tingkat keolengan yang minim akan membuat pengendara tidak mendapatkan tekanan mendadak saat melaju kencang. bagaimana kita membuat motor menjadi layak pake dijalanan. untuk itu kita harus melakukan perawatan terhadap hal hal yang akan berdampak pada keseimbangan. ada banyak faktor yang mesti diperhatikan darimana sumber masalah terjadi, berikut point point yang perlu untuk di cek kelayakannya :
  • kondisi velg sepeda motor. cek secara manual dengan memutar roda menggunakan tangan, lihat perputarannya. gerakan velg akan terlihat goyang goyang jika kondisinya tidak sempurna.
  • bearing roda. pemakaian berkala sudah pasti akan menjadikan bearing aus, kondisi ini akan menggangu stabilitas motor saat melaju kencang terlebih saat membelok.
  • as roda. pastikan dalam kondisi kencang dan tidak aus.
  • kestabilan shockbeaker. cek kebocoran seal karet shockbeaker, karena disinilah akan terjadi tingkat kestabilan pegas yang berbeda jika terjadi kebocoran oil shock dan mempengaruhi keseimbangan laju kendaraan.
  • rangka motor bengkok. hal ini terjadi jika motor pernah terpelanting saat pengendara terjatuh, gerakan ini dapat membanting body motor hingga dapat membuat bengkok pipa pipa rangka. sekilas memang tak terlihat, tapi motor akan mempunyai keseimbangan sebelah sewaktu melaju kencang dijalanan. lakukanlah center body pada bengkel terdekat. 

No comments:

Post a Comment